Monday 9 May 2016

The Big Bad Wolf Book Sale Jakarta 2016 | INDONESIA



Say welcome to the The Big Bad Wolf Book Sale Jakarta 2016! Sebelumnya, aku nggak pernah tahu tentang pameran buku Big Bad Wolf ini, tapi setelah baca-baca di blog orang atau di sosial media lainnya, aku jadi tau kalo sebenernya pameran buku sekaligus bazaar buku super besar ini biasanya diselenggarakan di Malaysia. Dan asyiknya, akhirnya Big Bad Wolf memutuskan untuk menginjakkan kaki di Indonesia. Yap, akhirnya BBW masuk Indonesia, tepatnya pertama kali di Hall 9-10 ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD Serpong, Indonesia. Diselenggarakan selama 10 hari, yaitu dari tanggal 30 April hingga 8 Mei 2016. Biaya masuknya gratis, dan pada hari-hari tertentu BBW buka selama 24 jam penuh (bisa dilihat keterangannya pada gambar). 

Banyak orang berbondong-bondong ke ICE BSD sejak hari pertama demi memuaskan rasa penasaran akan ajang buku murah Big Bad Wolf ini. Kalau sedang ramai-ramainya, masuk ke dalam hall-nya saja bisa antri sampai 30 menit, lho! Tapi untungnya ketika aku datang ke BBW hari Jumat lalu, aku tiba agak pagi jadi masuknya nggak ngantri, cuma agak berdesak-desakan saja. Pas masuk, ya nggak terlalu kaget sih, karena udah liat banyak spoiler di sosial media. Puluhan meja dengan tumpukan ratusan buku di atasnya berderet dari ujung ke ujung. Dan yang pasti, lautan manusia yang sedang berburu buku.

Buku-buku yang disediakan BBW sebagian besar adalah buku impor. Jadi, harga murah yang ditawarkan tentu saja harga murah yang pantas untuk buku impor. Ini penting ya untuk diingat, karena kayaknya banyak juga orang yang ke BBW mencari buku lokal. Di BBW ada sih buku lokal, tapi nggak sebanyak buku impor dan sebagian besar buku lokalnya adalah terbitan Mizan. Ada berbagai macam genre; romance, general, young adult, fiction, non fiction, cookery, art/design, fantasy, children, dll. Yang paling mendominasi? Children! Banyak banget buku anak-anak, dan selama di BBW aku sering banget liat suami-istri bawa anak kecil yang trolinya isinya buku anak-anak semua. Salah satu section favorit aku yaitu bagian art/design. Banyak banget buku yang super useful buat anak design (buat cari inspirasi), soalnya banyak visual book full color dengan harga terjangkau. Visual book full color yang super tebel bisa kamu beli dengan kisaran harga Rp.150.000,00 sampai Rp.500.000,00. Aku sendiri beli satu yang temanya branding USA dengan harga Rp.200.000,00. Pengen yang tema lain juga sih, tapi sudahlah, takut khilafnya keterusan! Soal harga buku fiksi yang biasanya jadi favorit, keseluruhan sih kisaran harganya antara Rp.30.000,00 (ada yang goceng juga sih haha) sampai Rp.150.000,00-an. Untuk buku lokal, kisaran harganya murah banget, dari Rp.10.000,00 sampai Rp.25.000,00-an (terutama yang dari penerbit Mizan). Jadi kalo kamu suka seri-seri dari Mizan kayak Fantasteen, BBW bakal jadi surga duniawi banget buat kamu, asal isi dompetnya cukup.


Aku datang ke BBW (bareng keluarga) dengan antusiasme wajar, jadi nggak terlalu banyak persiapan. Jadi kalo nggak sengaja ketemu buku bagus ya syukur, kalo enggak yah yaudah. Tapi untungnya ketemu lumayan banyak buku bagus juga. Tapi aku sempet ngarep bisa nemu bukunya John Green sih di sini, tapi nggak ketemu. Sebagai gantinya, ada full set-nya Maze Runner sama Hunger Games. Aku kesampaian beli yang Maze Runner, tapi harus merelakan si Hunger Games karena... Aku udah punya yg terjemahan, hiks. Salah satu hal penting yang harus kamu persiapkan kalau mau datang ke BBW adalah energi dan kesiapan kaki. Kamu pasti bakal kepo sama setiap sudut pameran buku ini, pengennya jalan terus sambil ngepoin buku-bukunya, dan yang paling melelahkan adalah berdiri buat nantri bayar. Kemarin aku ngantri bayar sama keluarga sampai menyita waktu kurang lebih 1 jam!

Overall, kesan BBW sih seru banget, seneng aja gitu ngeliat buku-buku murah yang harganya diluar ekspektasi meskipun nggak beli, haha. Konon katanya sih, kalo pihak BBW melihat penyelenggaraan pertama ini disambut baik, BBW bakal diadakan setiap 6 bulan sekali, tapi nggak di Jakarta terus-terusan. Semoga beneran terjadi ya, supaya para pecinta buku yang belum bisa ke Jakarta untuk BBW kali ini juga bisa menikmati buku murah dari BBW. Pokoknya two thumbs up untuk The Big Bad Wolf!


1 comment:

  1. halo! wahhh rame banget yaaa, aku kepingin kesana nggak kesampaian huhu. Tambah nyesel tau disana bisa dapet full setnya The Maze Runner :'

    Cilla,
    The Rainbow Days

    ReplyDelete

Comments are loved. I read every single of them ❤
By the way, don't hesitate to follow my blog because I'm following back! :)